Perpustakaan Fakultas Teknik

Universitas Mataram

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Tugas Akhir Sipil

ANALISIS KINERJA RUAS JALAN BUNG HATTA KOTA MATARAM AKIBAT PEMBANGUNAN JALAN BARU

TITIS AYU FEBRIAN - Nama Orang;

Pertambahan jaringan jalan perkotaan harus mampu mengimbangi pertambahan jumlah
kendaraan. Bila diantara keduanya tidak terdapat kesimbangan maka masalah transportasi perkotaan
seringkali terjadi. Untuk itu diperlukan adanya keseimbangan volume lalu lintas yang terjadi terhadap
ruas jalan yang ada sehingga tidak terjadi kemacetan. Hal tersebut memacu para pengambil kebijakan
untuk mencari solusi agar kegiatan ekonomi tidak terganggu. Salah satu kebutuhan pengembangan
prasarana dan saran transportasi yang dimaksud yaitu pembangunan jalan baru. Pembangunan jalan
baru yang menjadi terusan dari Jalan Bung Hatta menuju Jalan Sudirman, yang berfungsi sebagai rute
alternatif yang akan meningkatkan aksesibilitas. Sejalan dengan adanya pembukaan jalan baru tersebut
memungkinkan meningkatnya arus lalulintas pada jalan Bung Hatta, sehingga perlu dilakukan analisis
kinerja ruas Jalan Bung Hatta untuk mengetahui besar kapasitas jalan setelah adanya pembangunan
jalan tersebut. Dalam penelitian ini proses perhitungan menggunakan analisis Manual Kapasitas Jalan
Indonesia (MKJI-1997).
Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan pada Jalan Bung Hatta Kota Mataram.
Dalam penelitian ini dilakukan survei volume lalulintas dan survei kecepatan kendaraan. Survei
volume lalulintas dilakukan selama 4 hari yaitu hari senin mewakili hari kerja, hari jumat mewakili
hari pendek, sabtu mewakili akhir pekan dan minggu mewakili hari libur. Sedangkan untuk survey
kecepatan dilakukan selama satu hari.
Hasil penelitian menunjukkan volume arus lalulintas (Q) sebesar 11016,75 smp/jam dan
derajat kejenuhan sebesar 0,37 berada pada tingkat pelayanan B (dimana arus stabil, tetapi kecepatan
operasi mulai dibatasi oleh kondisi lalulintas, pengemudi memiliki kebebasan untuk memilih
kecepatan). Kinerja untuk 5 tahun mendatang pada tahun 2018 didapat nilai DS untuk jalan Bung
Hatta sebesar 0,8 yang menunjukkan tingkat pelayanan D (dengan nilai DS = 0,75-0,84 dengan
karakteristik arus mendekati tidak stabil, kecepatan rendah.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
658.155Tit.a
Penerbit
Mataram : Fakultas Teknik Unram., 2014
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
658.155
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Edisi 1 Jilid 1
Subjek
KINERJA RUAS JALAN
Tingkat Pelayanan Jalan
volume arus lalulintas
kondisi lalulintas
karakteristik arus
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
TITIS AYU FEBRIAN
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • ANALISIS KINERJA RUAS JALAN BUNG HATTA KOTA MATARAM AKIBAT PEMBANGUNAN JALAN BARU
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Teknik
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Ruang Baca Fakultas Teknik

Kami menyedian Buku ajar ilmu teknik dan Tugas Akhir mahaiswa Fakultas Teknik Universitas Mataram

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik