Perpustakaan Fakultas Teknik

Universitas Mataram

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Tugas Akhir Sipil

PENGARUH VARIASI KEMIRINGAN LERENG TERHADAP STABILITAS TIMBUNAN BADAN JALAN RUAS JALAN PATUNG SAPI GERUNG – MATARAM MENGGUNAKAN SOFTWARE GEOSTUDIO SLOPE/W V.7

Andryani Herna Bidiono - Nama Orang;

Ruas Jalan Patung Sapi merupakan salah satu jalan dengan lereng buatan yang cukup tinggi,
sehingga dirasa pada ruas jalan ini berpotensi terjadinya longsor akibat adanya beban yang bekerja
di atas lereng adalah beban kendaraan dan konstruksi jalan. Perencanaan pada kemiringan
lerengnya dirasa perlu diadakan studi untuk mengetahui besar pengaruh variasi kemiringan dan
pembebanan pada lereng terhadap angka amannya.
Analisis kestabilan lereng ruas jalan Patung Sapi pada KM 3+900 ditinjau dengan beberapa variasi
kemiringan lereng, yaitu 1:0,5 ; 1:1 ; 1:1,5 : 1:2 ; dan 1:2,5. Analisis dilakukan dengan tiga kondisi
pembebanan yaitu, lereng dengan alat berat, beban kendaraan rencana, dan beban kendaraan
maksimum beserta beban konstruksi jalan yang ada. Perhitungan kestabilan lereng diakukan
menggunakan metode irisan (Ordinary, Bhisop’S Simplified, dan Janbu’s Simplified) dengan
bantuan software GeoStudi V.7, yaitu SLOPE/W.
Berdasarkan hasil analisis diketahuin bahwa semakin landainya suatu lereng maka, nilai angka
keamanan akan semakin besar, begitu pula sebaliknya. Penambahan beban luar juga manambah
momen yang menggerakkan lereng mengakibatkan penurunan nilai angka keamanan. Hasil
analisis menunjukan bahwa lereng aman dan stabil pada kemiringan 1:1,5 dengan kondisi
pembebanan kendaraan rencana, yaitu 1,618 , namun lereng tidak stabil ketika beban yang bekerja
adalah beban kendaraan maksimum dengan angka keamanan sebesar 1,265. Dilakukan usaha
pelandaian dengan kemiringan 1:2 untuk mendapatkan nilai angka keamanan lebih besar, yaitu
1,522 dan diselesaikan dengan metode Ordinary (Fellinius), sehingga lereng disimpulkan aman
dan stabil dari longsor.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
551.49.And.p
Penerbit
Universitas Mataram : Fakultas Teknik Unram., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
551.49
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Jalan Raya
VARIASI KEMIRINGAN LERENG
kemiringan lereng
Geostudio V.7.
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Andryani Herna Bidiono
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENGARUH VARIASI KEMIRINGAN LERENG TERHADAP STABILITAS TIMBUNAN BADAN JALAN RUAS JALAN PATUNG SAPI GERUNG – MATARAM MENGGUNAKAN SOFTWARE GEOSTUDIO SLOPE/W V.7
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Teknik
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Ruang Baca Fakultas Teknik

Kami menyedian Buku ajar ilmu teknik dan Tugas Akhir mahaiswa Fakultas Teknik Universitas Mataram

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik