Perpustakaan Fakultas Teknik

Universitas Mataram

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Tugas Akhir Sipil

EVALUASI KESESUAIAN PENANGANAN KINERJA JALAN AKIBAT HAMBATAN SAMPING (Studi Kasus Pada Jalan Bung Karno, Kota Mataram)

EKO ADHI PRASETYO - Nama Orang;

Jalan Bung Karno yang berada di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat
merupakan jalan dengan tipe jalan 4 lajur 2 arah dengan median setelah penanganan.
Adanya pusat-pusat aktivitas masyarakat seperti pusat perdagangan, sarana pendidikan dan
rumah sakit akan menjadi penarik perjalanan, dimana sarana dan prasarana umum ini
mengakibatkan peningkatan volume kendaraan. Hambatan samping yang terjadi pada ruas
jalan ini salah satunya adalah akibat kegiatan keluar/masuk kendaraan dan kendaraan yang
parkir di badan jalan pada lokasi tersebut.
Metode yang digunakan untuk menganalisis kinerja ruas jalan sebelum dan sesudah
penanganan adalah menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia ( MKJI )1997, yang
meliputi Kapasitas (C), Derajat Kejenuhan (DS) dan Regresi linier.
Dari hasil perhitungannilai derajat kejenuhan (DS) setelah penanganan pada lokasi 1
sebesar 0,28 (selatan-utara) dan 0,26 (utara-selatan). Lokasi 2 nilai derajat kejenuhan (DS),
sebesar 0,28 (selatan-utara) dan 0,25 (utara-selatan). Hasil perhitungan sebelum
penanganan pada lokasi 1 sebesar 0,34 (selatan-utara) dan 0,34 (utara-selatan). Lokasi 2
0,34 (selatan-utara) dan 0,2 (utara-selatan). Kedua lokasi penelitian berada pada tingkat
pelayanan B (dengan nilai DS = 0,20 - 0,44), dimana arus stabil, tetapi kecepatan operasi
mulai dibatasi oleh kondisi lalu lintas, pengemudi memiliki kebebasan untuk memilih
kecepatan.Besarnya pengaruh hambatan samping terhadap kinerja ruas jalan Bung Karno
setelah penanganan dapat dilihat dari nilai R² untuk lokasi 1 sebesar 0,5628 (selatan-utara)
dan 0,5952 (utara-selatan). Untuk lokasi 2, nilai R² sebesar 0,3659 (selatan-utara) dan 0,3561
(utara-selatan). Sebelum penanganan lokasi 1 sebesar 0,5633 (selatan-utara) dan 0,6149
(utara-selatan). Untuk lokasi 2 sebesar 0,3670 (selatan-utara) dan 0,3565 (utara-Selatan).
Besarnya nilai maksimum rsebelum dan sesudah penanganan adalah 0,78 dan 0,77 berarti
kondisi sebelum dan sesudah penanganan penelitian memiliki korelasi variabel yang kuat
(0,60-0,799).


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
625.7 [20]Eko.e
Penerbit
Universitas Mataram : Fakultas Teknik Unram., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
625.7 [20]
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Edisi 1 Jilid 1
Subjek
KINERJA RUAS JALAN
PENANGANAN KINERJA JALAN
Kesesuaian Penanganan
Hambatan Samping
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
PRASETYO,EKO ADHI
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • EVALUASI KESESUAIAN PENANGANAN KINERJA JALAN AKIBAT HAMBATAN SAMPING (Studi Kasus Pada Jalan Bung Karno, Kota Mataram)
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Teknik
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Ruang Baca Fakultas Teknik

Kami menyedian Buku ajar ilmu teknik dan Tugas Akhir mahaiswa Fakultas Teknik Universitas Mataram

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik