Perpustakaan Fakultas Teknik

Universitas Mataram

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TINJAUAN TEBAL PERKERASAN RUNWAY BANDARA INTERNASIONAL LOMBOK (BIL) MENGGUNAKAN METODE FAA BERDASARKAN PROYEKSI PENERBANGAN

Tugas Akhir Sipil

TINJAUAN TEBAL PERKERASAN RUNWAY BANDARA INTERNASIONAL LOMBOK (BIL) MENGGUNAKAN METODE FAA BERDASARKAN PROYEKSI PENERBANGAN

I Gusti Ayu Agung Mega Prana Dhyani - Nama Orang;

onsekuensi dari NTB sebagai daerah wisata menyebabkan peningkatan penerbangan melalui Bandara Internasional Lombok (BIL). Peningkatan tersebut tentu akan berdampak pada meningkatnya jumlah pergerakan pesawat pada sisi land side khususnya pada runway, sehingga perlu dilakukan tinjauan terhadap tebal perkerasan runway yang ada saat ini masih memadai atau tidak. Tinjauan ini dimaksudkan untuk mengetahui kebutuhan tebal perkerasan yang diperlukan berdasarkan data penerbangan tahun 2012 -2016. Proyeksi penerbangan untuk tahun 2021 menggunakan data penerbangan dengan metode “compounding factor” dan analisa menggunakan Metode FAA.
Pesawat Rencana ditentukan berdasarkan nilai tebal perkerasan terbesar. Berat pesawat rencana dan Equivalent Annual Departure (R1) digunakan untuk menghitung tebal perkerasan pada runway. Analogi dengan cara yang sama, dihitung jga perkerasan berasarkan data proyeksi Annual Departure dan proyeksi keberagkatan penumpang tahun 2021, dan hasilnya dibandingkan dengan perkerasan runway yang sudah ada.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan metode FAA, didapatkan tebal perkerasan runway pada lapisan surface, base course, dan subbase course berturut-turut untuk pesawat rencana B 739 berdasarkan data penerbangan pada tahun 2012-2016 adalah sebesar 4 inch, 10,6 inch dan 31,4 inch sedangkan berdasarkan data proyeksi Annual Departure pada tahun 2021 diperoleh tebal perkerasan runway untuk lapisan surface, base course, dan subbase course berturutturut sebesar 4 inch, 11,2 inch, dan 33,8 inch dan berdasarkan data penumpang pada 2021 diperoleh tebal perkerasan runway untuk lapisan surface, base course, dan subbase course berturut-turut sebesar 4 inch, 10,6 inch, dan 31,4 inch. Hal ini menunjukan bahwa menjelang tahun 2021 perkerasan runway pada BIL harus sudah diperbaharui misalkan dengan overlay.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
338.095.I Gu.t
Penerbit
UNRAM : Fakultas Teknik Unram., 2018
Deskripsi Fisik
xiii,53 Hlm; Illus; 21x29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
338.095
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Edisi 1 Jilid 1
Subjek
PROYEKSI PENERBANGAN
BIL, runway
tebal perkerasan
metode FAA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
I Gusti Ayu Agung Mega Prana Dhyani
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • TINJAUAN TEBAL PERKERASAN RUNWAY BANDARA INTERNASIONAL LOMBOK (BIL) MENGGUNAKAN METODE FAA BERDASARKAN PROYEKSI PENERBANGAN
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Teknik
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Ruang Baca Fakultas Teknik

Kami menyedian Buku ajar ilmu teknik dan Tugas Akhir mahaiswa Fakultas Teknik Universitas Mataram

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik