Perpustakaan Fakultas Teknik

Universitas Mataram

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Tugas Akhir Sipil

PENANGANAN KERUSAKAN PERKERASAN JALAN MENGGUNAKAN MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 2017 ( MDP 2017)

HARIRI RAHMAN - Nama Orang;

Kerusakan jalan merupakan salah satu faktor penyebab kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu perlu dilakukan penanganan kerusakan agar jalan tetap berfungsi secara aman, nyaman dan ekonomis. Ruas jalan Midang – Meninting adalah salah satu ruas jalan yang mengalami kerusakan sehingga mengganggu dan menimbulkan masalah bagi lalu lintas dan pengguna jalan. Tujuan penanganan kerusakan jalan untuk mengetahui prosedur desaian penanganan.

Dalam penelitian ini penanganan kerusakan perkerasan jalan menggunakan Manual Desain Perkerasan Jalan 2017. Data kerusakan jalan di analisa menggunakan Bina marga 1990 dan penentuan nilai CBR dihitung menggunakan test DCP. Untuk analisa perhitungan overlay menggunakan Analisa Komponen 1987 dan Bina Marga 2005.

Berdasarkan analisis data yang dilakukan didapat total angka kerusakan perkerasan jalan yaitu 21 dan termasuk dalam urutan prioritas ≥ 7 dengan program pemeliharaan rutin. Untuk nilai CBR dan DDT dari test DCP didapat nilai CBR 5.25% dan DDT 4.796. Untuk penanganan kerusakan sebelum overlay pedoman mengacu pada Perbaikan Standart bina Marga 1995. Hasil perhitungan tebal lapis tambah (overlay) menurut Analisa Komponen adalah 8.50 cm, menurut Bina marga 2005 adalah 5.60 cm, dan menurut Bina Marga 2017 berdasarkan lendutan maksimum adalah 13.00 cm dan berdasarkan lengkung lendutan serta untuk mencegah retak lelah adalah 6.00 cm overlay tipis dan 10.00 cm overlay tebal. Dengan mempertimbangkan keekonomian dan jumlah lalu lintas, desain overlay tebal 10.00 cm dengan bahan perkerasan AC BC normal atau AC BC modifikas yang disetujui dipakai sebagai solusi overlay.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
UNRAM : Fakultas Teknik Unram., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
other
Tipe Media
other
Tipe Pembawa
-
Edisi
Edisi 1 Jilid 1
Subjek
DESAIN PERKERASAN JALAN
MDP 2017, Analisa Komponen 1987
Bina Marga 2005, Pemeliharaan dan Penanganan Jalan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
HARIRI RAHMAN
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENANGANAN KERUSAKAN PERKERASAN JALAN MENGGUNAKAN MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 2017 ( MDP 2017)
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Teknik
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Ruang Baca Fakultas Teknik

Kami menyedian Buku ajar ilmu teknik dan Tugas Akhir mahaiswa Fakultas Teknik Universitas Mataram

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik