Perpustakaan Fakultas Teknik

Universitas Mataram

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Tugas Akhir Sipil

ANALISIS KATEGORI RESIKO KECELAKAAN BERDASARKAN ALINYEMEN HORIZONTAL DAN VERTIKAL JALAN (STUDI KASUS RUAS JALAN SENGGIGI-PEMENANG)

ERNI ERMAYANI - Nama Orang;

Ruas jalan Senggigi-Pemenang merupakan ruas jalan utama menuju kawasan wisata Batu Layar dan Lombok Utara. Kunjungan wisata yang terus meningkat harus didukung dengan keselamatan jalan. Salah satu parameter yang berperan dalam hal keselamatan jalan adalah geometrik jalan. Secara geometrik ruas jalan ini memiliki banyak lokasi rawan kecelakaan. Dengan kondisi topografi yang ada, terdapat banyak tikungan dan tanjakan yang berbahaya dengan jarak pandangan henti, jari-jari tikungan, dan kelandaian memanjang yang belum memenuhi standar. Hal ini dapat memperbesar peluang terjadinya kecelakaan. Alinyemen horizontal dan vertikal yang ditinjau yaitu kelandaian memanjang, kecepatan, jarak pandangan henti dan jari-jari tikungan. Data primer yang digunakan yaitu data topografi dan data waktu tempuh kendaraan. Data sekunder yaitu data kecelakaan, peta, klasifikasi jalan, panjang ruas jalan dan Peta Kontur Rupa Bumi Lombok. Analisa data yang dilakukan yaitu analisa kelandaian memanjang, kecepatan, jarak pandangan henti, jari-jari tikungan, defisiensi, peluang, dan dampak keparahan korban. Hasil analisa tersebut menghasilkan kategori resiko kecelakaan dan tingkat kepentingan penanganannya. Hasil penelitian diperoleh kelandaian memanjang 19.26% ruas jalan Senggigi-Pemenang memiliki peluang kecelakaan lebih dari 15 kali per tahun dengan dua lokasi memiliki kategori resiko yang sangat berbahaya yaitu tanjakan katamaran dan tanjakan amarsvati. Berdasarkan kecepatan, ruas jalan nipah memiliki peluang kecelakaan 5 kali per tahun. Berdasarkan parameter jarak pandangan henti 33.67% ruas jalan Senggigi-Pemenang memiliki peluang kecelakaan 10-15 kali per tahun dengan geometrik tikungan, salah satunya makam batu layar. Berdasarkan parameter jari-jari tikungan, 14 tikungan belum memenuhi standar minimum. Kategori resiko kecelakaan diperoleh 14.29% sangat berbahaya pada tikungan Batu Bolong dan Katamaran.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Universitas Mataram : Fakultas Teknik Unram., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
other
Tipe Media
other
Tipe Pembawa
-
Edisi
Edisi 1 Jilid 1
Subjek
KATEGORI RESIKO KECELAKAAN
ERNI ERMAYANI
defisiensi, peluang, kategori resiko kecelakaan
tingkat kepentingan penanganan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
ERMAYANI, ERNI
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • ANALISIS KATEGORI RESIKO KECELAKAAN BERDASARKAN ALINYEMEN HORIZONTAL DAN VERTIKAL JALAN (STUDI KASUS RUAS JALAN SENGGIGI-PEMENANG)
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Teknik
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Ruang Baca Fakultas Teknik

Kami menyedian Buku ajar ilmu teknik dan Tugas Akhir mahaiswa Fakultas Teknik Universitas Mataram

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik