Perpustakaan Fakultas Teknik

Universitas Mataram

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of KAJIAN KARAKTERISTIK ALIRAN TERHADAP ANGKUTAN SEDIMEN DASAR PADA HULU DAS TANGGEK

Tugas Akhir Sipil

KAJIAN KARAKTERISTIK ALIRAN TERHADAP ANGKUTAN SEDIMEN DASAR PADA HULU DAS TANGGEK

ANDY KHARISMA AW - Nama Orang;

Dasar sungai tersusun oleh endapan dari material angkutan sedimen yang terbawa oleh aliran dan material tersebut dapat terangkut kembali apabila kecepatan aliran cukup tinggi, begitu pula yang terdapat pada hulu Sungai Tanggek. Angkutan sedimen dapat bergerak, bergeser, disepanjang dasar sungai atau bergerak melayang pada aliran sungai, tergantung pada karakteristik sedimen (ukuran dan berat jenis) dan kondisi aliran (kecepatan aliran, luas penampang aliran, dan debit. Tujuan penelitian ini yakni mengetahui karakteristik aliran pada Sungai Tanggek, mengetahui karakteristik angkutan sedimen pada Sungai Tanggek, mengetahui besar volume angkutan sedimen pada Sungai Tanggek dan mengetahui pengaruh variasi debit aliran terhadap angkutan sedimen pada Sungai Tanggek Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pengukuran langsung di lapangan dan pengujian di laboratorium. Berdasarkan hasil analisis, karakteristik aliran pada hulu Sungai Tanggek memiliki debit aliran yang bervariasi dari pengambilan data hari ke-I s/d hari keV, debit terbesar terjadi pada pengambilan data hari ke-III yaitu sebesar 2,398 m3/dt, dengan kecepatan geser besar yaitu 0,217 dengan kemiringan sebesar 0,0175. Karakteristik butiran didominasi oleh butiran berdiameter 19 mm yang termasuk dalam kelas kerikil berkwarsa dengan berat jenis kering (Gs) rata-rata yaitu 2,214. Debit angkutan sedimen menggunakan Metode MPM didapatkan hasil terbesar yaitu 3,41 x 10-3 m3/det. Sedangkan debit angkutan sedimen menggunakan metode perhitungan Einstein didapatkan hasil terbesar yaitu 1,81 x 10-3 m3/det. Hasil perhitungan terbesar yang didapatkan untuk debit angkutan sedimen lapangan adalah 2,14 x 10-7 m3/det. Sehingga didapatkan bahwa metode yang mendekati dengan hasil lapangan adalah metode . Dari hasil perhitungan, apabila debit pada sungai mengalami kenaikan maka semakin besar debit angkutan sedimen begitu pula sebaliknya apabila debit pada sungai mengalami penurunan maka semakin kecil debit angkutan sedimen


Ketersediaan
2018140627.122.And.kTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
627.122.And.k
Penerbit
Universitas Mataram : Fakultas Teknik Unram., 2019
Deskripsi Fisik
xvii,153 hlm, Illus, 21x29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
627.122
Tipe Isi
other
Tipe Media
other
Tipe Pembawa
-
Edisi
Edisi 1 Jilid 1
Subjek
Angkutan Sedimen
Sedimentologi
Debit, sedimen
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
ANDY KHARISMA AW
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • KAJIAN KARAKTERISTIK ALIRAN TERHADAP ANGKUTAN SEDIMEN DASAR PADA HULU DAS TANGGEK
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Teknik
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Ruang Baca Fakultas Teknik

Kami menyedian Buku ajar ilmu teknik dan Tugas Akhir mahaiswa Fakultas Teknik Universitas Mataram

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik