Perpustakaan Fakultas Teknik

Universitas Mataram

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PERENCANAAN ULANG JEMBATAN MENINTING DENGAN
BANGUNAN ATAS MENGGUNAKAN PRECAST U GIRDER

Tugas Akhir Sipil

PERENCANAAN ULANG JEMBATAN MENINTING DENGAN BANGUNAN ATAS MENGGUNAKAN PRECAST U GIRDER

RAGITA PURWANINGRUM - Nama Orang;

Jembatan Meninting merupakan akses utama untuk menuju kawasan wisata Senggigi
Kecamatan Batulayar, Lombok Barat dan sekitarnya. Jembatan yang telah ada sebelumnya
sudah tidak mampu lagi untuk melayani arus lalu lintas pada saat puncak liburan dengan baik,
sehingga diperlukan adanya pembangunan jembatan baru. Jembatan Meninting memiliki
bentang 60 m yang dilengkapi dengan pilar sehingga bentang jembatan terbagi menjadi 2 yaitu
bentang 35 m dan 25 m. Jembatan ini menggunakan penegangan sistem pascatarik (posttension) , Tujuan penggunaan konstruksi ini agar mampu menahan lendutan, geser, dan torsi
secara lebih efektif.
Perencanaan jembatan meninting ini dimulai dengan mengumpulkan data yang
dibutuhkan. Dari data yang telah didapatkan lalu dilakukan Preliminary design penampang
dan menghitung pembebanan. Pada thap awal perencanaan dilakukan analisa beban yang
terjadi antara lain analisa beban sendiri (MBs), beban mati sendiri (MS), beban mati tambahan
( MA), beban lajur “D” (TD), beban angin (EW) dan beban gempa (EQ).
Berdasarkan hasil analisis menggunakan Segmental U Girder produksi Wika Beton,
pada bentang 35 m dengan tinggi 1,65 m dan 6 buah tendon dengan 54 strands (9 strands per
tendon). Sedangkan untuk bentang 25 m menggunakan U Girder dengan tinggi 1,40 m dan 4
buah tendon dengan 36 strands (9 strands per tendon). Semua U Girder menggunakan jenis
strands seven wire strands according to prEN 10138-3 dari standar spesifikasi BBR VT CONA
CMI SP dengan diameter strands 15,3 mm dan diameter duct 60 mm. Total kehilangan gaya
prategang pada bentang 35 m adalah 23,05% sebesar 2284,44 kN dan pada bentang 25 m
adalah 17,91% sebesar 793,95 kN. Jembatan menggunakan abutment dengan tinggi 7,5 m
menggunakan mutu beton f’c 20,83 MPa dan mutu baja fy 320 MPa. Untuk pondasi digunakan
pondasi tiang pancang berdiameter 0,45 m sebanyak 15 buah.


Ketersediaan
2020302693.522..Rag.pPerpustakaan Fakultas Teknik (302)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
693.522..Rag.p
Penerbit
Universitas Mataram : Fakultas Teknik Unram., 2020
Deskripsi Fisik
vii;285 Hlm; 21x29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
693.522
Tipe Isi
other
Tipe Media
computer
Tipe Pembawa
audio disc
Edisi
Edisi 1 Jilid 1
Subjek
MENGGUNAKAN PRECAST U GIRDER
Segmental U Girder, Beton prategang
sistem pascatarik, Jembatan Meninting
Info Detail Spesifik
BANGUNAN JEMBATAN MENGGUNAKAN PRECAST U GIRDER
Pernyataan Tanggungjawab
RAGITA PURWANINGRUM
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PERENCANAAN ULANG JEMBATAN MENINTING DENGAN BANGUNAN ATAS MENGGUNAKAN PRECAST U GIRDER
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Teknik
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Ruang Baca Fakultas Teknik

Kami menyedian Buku ajar ilmu teknik dan Tugas Akhir mahaiswa Fakultas Teknik Universitas Mataram

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik